Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Desember, 2008

4b616840239de1ae6c44ace57b31c660

Andrea Hirata dalam buku ke empat dari tetralogi buku Laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan Edensor, yaitu Maryamah Karpov – Mimpi-mimpi Lintang.. Di dalam buku ini andrea sangat2 lekat dengan penulisan yang penuh sastra, kata2 ajaib dan tidak lupa dengan keunikannya yaitu sains dan orang melayu..

aku sendiri yang membaca merasakan bahwa buku ini dapat menjadi sumber semangat yang sangat dahsyat, dimana maryamah karpov adalah salah satu titik ujung dari perjuangan ikal (andrea) dalam hidupnya.

The book tell about :

Kisah ikal yang berhasil menyelesaikan S2 nya di Prancis, dia kembali pulang ke tanah kelahirannya Balitong 🙂 .. dimana dia di sana bertemu dengan pengalaman2 luar biasa dalam hidupnya. Masih ingat A Ling kan ? perempuan berdarah HoPho yang di taksir sama ikal, saat ikal membeli kapur di sebuah toko bersama lintang ?? yaaa, salah satu tujuan ikal menuju paris selalin untuk S2 adalah untuk mencari A Ling yang tiba2 menghilang, namun tidak ada setitik pun pencerahan di mana A Ling berada. Tiba-tiba, seluruh penduduk Balitong dikejutkan dengan mayat2 orang di sungai Linggang , dan lebih terkejutnya lagi Ikal ketika di tangan mayat tersebut tertaruh rajah kupu2 yang sangat sama dengan kepunyaan A Ling. Maka dari situ lah timbul niat ikal untuk mencari A Ling.

Ikal membuat perahu. sesuatu hal yang mustahil bagi sarjana lulusan ekonomi untuk membuat  perahu. Namun dibantu dengan Lintang sang Issac Newton dengan sains yang luar biasa dan  Mahar dengan kekuatan gaib yang luar biasa pula, Ikal berhasil membuat perahu dan berlayar menuju kepulauan Batuan..A Ling di temukan kawan !! setelah perjalanan yang sangat meneganggkan sampai2 ikal bertemu dengan Tuk Bayan TUla, Dayang (siapa gitu namanya lupa) dan Tambok (penjahat kelas kakap yang kejam dan sarat akan ilmu gaibnya)..

Buku ini menceritakan pengalaman yang luar biasa antara perdebatan sains, ilmu gaib, kepercayaan, cinta dan semua dilakukan untuk mencapai tujuan satu, yaitu A Ling…

begitu hebatnya ikal yang dapat menyatukan semuanya…

LIntang adalah seseorang yang genius yang kaya dengan ilmu sainsnya.

Mahar adalah dukun luar biasa yang memanfaatkan naluri dan instingnya.

dan Ikal adalah manusia luar biasa yang dapat menyatukan  keduanya..

nama maryamah karpov sendiri sih agak bingung aku nyambungnya dari mana cuma yang pasti maryamah itu nama mak cik yang jagoan catur karpov dan nama mimpi2 lintang itu adalah nama perahu buatan ikal yang luar biasa…

hidup pesastra indonesia,

warm regars,

gitagemintang

::selamat membaca::

Read Full Post »

Gambar Lucu Versi Indonesia

Sumpah, dasar orang2 Indonesia ini kreatiff ngubah2 gambar2 iklan jadi lucu dan aneh2..huahahaha…yaaah asal kreatifnya cuma bukan gini2 doang si..terus ada juga palang2 ama kata2 yang aneh2 banget deh..

1. Davinci Code Novel jadi …..

dpc-cover

(http://infectionary.blogspot.com/2007/05/plesetan-warisan-siapa.html)

2. Starbuck ko jadi warung kopi di jalan…?

2468296466_91039be336

(http://farm3.static.flickr.com/2087/2468296466_91039be336.jpg)

3. Obat menggantengkan wajah (hahahahhaaa, ngakak ga abis-abis ini)

gantengin

(http://www.geocities.com/fahmiriz4l/gantengin.jpg)

4. ini maksudnya apaan sih ?

iklan_layanan

(http://i18.photobucket.com/albums/b122/boku_baka/iklan_layanan.jpg)

5. Ya iyalaaah kurang kerjaan istirahat di bawah mobil ??

rambu_aneh

(http://danigunawan.blogspot.com/2007_10_01_archive.html)

6. Maksudnya persembahan ama plestis ?? (flashdisk kali yee)

dscf2910rj5

(http://img245.imageshack.us/img245/9532/dscf2910rj5.jpg)

7. ada emang nya ya aroma anak muda ??

warung

(http://i66.photobucket.com/albums/h256/bl0g/warung.jpg)

8. mau nulis apa sih ini orang ??

robinson4

(http://blogerbenteng.com/wp-content/uploads/2008/06/robinson4.jpg)

huaaah..udah ahh.. memang aneh indonesia 😀

hihihihi

warm regard,

gitagemintang

Read Full Post »

Tatto

sebenernya ini terinspirasi dari geisha yang bertatto..so jadi penasaran tentang asal mula per-tattoan itu…

geishadragon

(gambar ini penginspirasi gue..)

Sebutan tattoo konon diambil dari kata tatu dalam bahasa Tahiti. Kata ini pertama kali tercatat oleh peradaban Barat dalam ekspedisi James Cook pada 1769.

Menurut Encyclopedia Britannica, tattoo tertua ditemukan pada mumi Mesir dari abad ke-20 SM. Tapi, tanda permanent yang dibuat dengan cara memasukan pewarna kedalam lapisan kulit itu ditemui hampir diseluruh belahan dunia..

Dalam catatan Ady Rosa, 48 tahun, dosen seni rupa, universitas Negeri padang, Sumatra Barat, tattoo mesir baru ada pada 1300 SM. Menurut magister seni murni, Institut Teknologi Bandung (ITB), ini, orang mentawai sudah menattoo badan sejak kedatangan mereka ke pantai Barat Sumatra. Bangsa proto melayu ini datang dari daratan asia (indocina), pada Zaman logam, 1500 SM-500SM.

Itu artinya, tattoo mentawailah yang paling tua di dunia. Di mentawai, tattoo dikenal dengan istilah tatu. Selain mentawai dan mesir, tattoo juga terdapat di Siberia (300 SM), Inggris (54 SM), Indian Haida di Amerika, suku-suku di Eskimo, Hawai, dan kepulauan Marquesas.

Budaya rajah ini juga ditemukan pada suku Rapa Nui dikepulauan Easter, suku Maori di selandia baru, suku Dayak di kalimantan, dan suku Sumba di sumatra barat. Bagi orang mentawai, tattoo merupakan roh kehidupan.

Walau dulu tattoo dianggap hal yang tabu dan jelek namun sekarang tattoo dianggap sesuatu yang modis dan trendi. Tattoo tai lalat, tattoo memerahkan bibir, tattoo alis sampai tattoo yang gambar yang memindahkan kanvas lukis ke seluruh badan.

Bahkan, para peminatnya kini bukan hanya pada kalangan biasa atau pada orang – orang iseng yang ingin gagah-gagahan. Para artis pun kini banyak yang menggunakan tattoo sebagai asesoris. Sebut saja beberapa artis seperti Nafa Urbach, Riff, Jodi, Indro Warkop, dan mungkin masih banyak lagi.

Seni tattoo memiliki beberapa macam aliran : Natural, Oldskool, Tribal, New skool dan biomechanik.

Nuansa tattoo yang beragam ini semakin menambah semaraknya dunia tattoo dan penggemarnya secara tidak langsung membuat image masyarakat tentang tattoo menjadi lebih baik tidak dipandang sesuatu yang tabu.

Tattoo udah bukan barang lama lagi, juga bukan hal aneh. Sekarang banyak orang yang bertattoo bukan Cuma pria tapi wanita juga sudah banyak dijumpai, lantas mengapa mereka bertattoo ?
Tattoo atau rajah sih sekarang udah dijadiin seni body painting, ada nilai seni yang tidak terlihat dari coretan gambar yang terpampang di molek tubuh seseorang.

Sekarang mesti belum ada larangan mengenai hal bertattoo-an tapi kalau di Indonesia ini menjadi aneh dan berkesan miring bagi orang yang mempunyai tattoo di satu bagian tubuhnya, mungkin karena alasan agama dan norma dan sepertinya tattoo lebih dekat dengan hal yang berbau kriminal (preman lah, perampok lah pokoknya yang serem-serem dah).Yang jelas tattoo merupakan salah satu cara dari jutaan cara untuk ungkapkan ekspresi dan menampilkan diri dimuka umum dengan jalan mencari perhatian atau kesenangan pribadi.

tapi kadang tatto bikin orang susah nyari pekerjaan, Tapi ko TOrra sudiro kaga ya ?? brarti orang bertato harus bermuka seganteng torra jadi orang ga fokus ama tattonya dan kudu jadi artist atau seniman 😀

tapi tetep selucu-lucunya tatto , aku ga ada niatan sama sekali mentatto tubuhku, alasannya adalah :

1. menurutku dilarang agamaku, karena ga bisa wudhu dan solat,

2. bisa ga merit ama cowokku , karena dia benci dengan perempuan bertatto 😀

3. ya ampoon ama jarum suntik aja takut gimana ama jarum tatto,

4. sayang ama kulitku yang ntar tersakit2 karena tatto, dan

5. emang kaga mau dan rela di tatto !! hihihihihi..

Nb : buat orang2 yang bertatto di luar sana “no hurt feeling” yaa…piss,

Tatto full body:

female-full-body-tattoo

(http://justsickshit.com/gallery/sick-pictures/images/female-full-body-tattoo.jpg)

1/2 body :

full_body_tattoo

(http://www.squidoo.com/printable-tattoo-design)

Tatto hand

hand_tatto

 

Sumber Koran Tadjuk 16 – 22 April 2007, dan http://www.rileks.com/artikel/index.php?act=detail&artid=31102006117839 

warm regard,

gitagemintang

Read Full Post »

Geisha

geisha

“inspirasi memang datang dari mana saja, kapan pun dan di manapun”

“ga tau gue kenapa tiba2 terinspirasi menulis tentang geisha, hanya gara-gara gue ngeliat wallpaper anime jadi terinspirasi ke jepang, jepang menginspirasiku ke kimono dan kimono menginspirasiku ke geisha..”

wew..memang inspirasi datang tak diundang..tapi kita bukan ngebahas tentang inspirasi kali ini, tapi mengulik sedikit tentang geisha..antara sejarah jepang dan prostitusi..

Geisha (芸者 “seniman”) dalam bahasa jepang adalah seniman atau penghibur tradisional (entertainer) .  Geisha sangat umum pada abad ke-18 dan abad ke-19, dan masih ada sampai sekarang ini, walaupun jumlahnya tidak banyak.

Sejarah geisha dimulai dari awal pemerintahan Tokugawa, di mana Jepang memasuki masa damai dan tidak begitu disibukkan lagi dengan masalah-masalah perang. Seorang calon geisha harus menjalani pelatihan seni yang berat selagi usia dini. Berlatih alat musik petik shamizen yang membuat calon geisha harus merendam jarinya di air es. Berlatih alat musik lainnya juga seperti tetabuhan kecil hingga taiko. Berlatih seni tari yang menjadi kunci kesuksesan seorang geisha, karena geisha papan atas umumnya adalah penari, tari Topeng Noh yang sering dimainkan oleh geisha dihadirkan bagi masyarakat kelas atas berbeda segmennya dengan pertunjukkan Kabuki yang lebih disukai rakyat jelata.

53030451KK001_Geisha

Geisha juga harus berlatih seni upacara minum teh, yang pada masa medieval dianggap sama pentingnya dengan seni perang. Dan berbagai latihan berat lain yang harus dijalani. Dan latihan itu masih terus dijalani setiap geisha hingga akhir karirnya.

Seorang calon geisha sedari awal menginjakkan kakinya ke rumah barunya , sudah memiliki hutang awal sebesar biaya yang dikeluarkan pemilik Okiya untuk membelinya. Sungguh Ironis. Hutang itu terus bertambah, Karena biaya pendidikan geisha, biaya perawatan kecantikan, biaya dokter yang ditalangi oleh Okiya, nyatanya dibebankan balik sebagai hutang geisha. Geisha dengan level standar akan terus terikat hingga akhir hayatnya, berbeda dengan geisha sukses yang dapat menebus kembali kebebasannya sebelum mencapai usia 20 tahunan.

Syarat menjadi geisha sukses umumnya memiliki kakak angkat yang merupakan geisha senior sukses pula , sehingga dapat mengatrol popularitas si geisha magang. Sementara geisha senior yang sukses juga tidak mau sembarangan menerima adik angkat, karena menyangkut nama baik pula. Tetapi memiliki adik angkat yang sukses akan berarti keberuntungan pula bagi yang dirinya, seniornya dan okiya-nya, karena mereka sekian persen pendapatan si geisha muda tersebut.

Selain itu geisha muda juga harus melelang keperawanan kepada penawar tertinggi, pendapatan dari lelang yang sukses itu dapat menebus sebagian hutang geisha muda tersebut. Setelah itu mereka harus mencari danna(“suami”) sekaya mungkin, agar dapat membiayai biaya hidup geisha yang tinggi, dan juga membayari sebagian hutang-hutang geisha tersebut terhadap majikan mereka. Geisha yang sukses dalam suatu okiya akan diadopsi oleh nyonya mereka, dan menggunakan nama “keluarga” dari nyonya tersebut dan mewarisi segala kekayaan seisi rumah tersebut. Lalu meneruskan tradisi geisha.

geisha-trio-next

Sumber : dari beberapa sumber salah satunya http://id.wikipedia.org/wiki/Geisha

 

“merepotkan ternyata menjadi seoran geisha ya..”

michelle-yeoh-memoirs-of-a-geisha

(http://www.malaysiamysecondhome.org/michelle-yeoh-memoirs-of-a-geisha.jpg)

“tapi kalo geisha nya secantik  michelle yeoh gimana ya ??”

warm regards,

gitagemintang

Read Full Post »

pembimbing tugas akhir aku ngomong begini :

kamu tuh yaa…kerjaannya nyengir aja tiap hari, kaya yang ga ada masalah

salah satu pegawai di lipi ngomong begini :

kalo ngeliat gita itu, kayanya bawaannya seneng aja, kayanya hidupnya lempeng2 aja ya??”

beberapa teman2ku :

kamu tuh ceriaa mulu tiap hari, lu ga pernah setrees apa ?”

wew..

dari beberapa komentar di atas hampir semua orang menyatakan bahwa , seorang yang bernama lengkap gita fitria ini adalah makhluk ciptaan Tuhan yang kaga pernah ditimpa masalah dan selalu happy …huakakakakakkakak…THATS BIG FALSE SAUDARA-SAUDARAAA !!!

aku juga manusia (selama diakui sebagai manusia ? 😀 sangking cantiknya suka disangka bidadari hikikikik narsess sekalee), yang pernah merasakan sedih, sakit, kecewa, marah, ya bahkan seteress..stress timbul saat-saat kita merasa tertekan, terdesak, dan stuck akhirnya bingung mau ngapa-ngapain.

dan aku sering mengalami stress itu, jalanan macet dikit stress, hp ngehang dikit stress, pacar ga bales sms stress, berat badan naek mulu stress sekalee, pisang penelitian gue di maling orang stress…hihihi, banyak banget penyebab kesutresan itu saudara-saudara, tapi kita kudu pinter2nya menanggulangi si sutress itu, aku ada beberapa tips (aiih , gaya aja lu ngasih2 tips :D)

1. cari tau penyebab stress itu datang

misalnya, kita stress gara2 ga bisa mencapai target lulus tahun ini. ehm, hidup itu memang harus bertarget, dan kita sebagai manusia harus berusaha untuk mencapai target itu semaksimal mungkin, dan dalam usaha mencapai target itu ada kalanya yang berjalan mulus se mulus jalan tol, ada juga yang kesandung-sandung batu kerikil.. so bersikap dan berpikirlah secara bijak, jangan menghukum diri kita sendiri karena tidak mencapai target, tapi be-review apakah ada salah ketika kita mencapai target itu, tooh, mencapai target dengan cepat bukan berarti tepat, right ?? berambisi dan bertarget itu penting sekali, tapi jangan ngoyo dan sampe membuat kita stress..

2. hilangkan stress dengan musik

yaah, percaya deh kalo dengerin museek kita jauh lebih enjoy, assal tepat aja milih genre musiknya, jangan ampe lu sukanya musik jazz lu dengernya campur sari ya iyalaahh malah nambah setresnya 😀 heuhahahahaa

3. liat yang ijo-ijo

duit dolar !!!! setujuuuuuu !!!!! (hahahahaa….) maksudnya sih liat-liat tanaman, liat poon (pohon), liat pemandangan yang adem ayem..yang bisa menenangkan.

4. blanja (huhuy !!)

bagi kaum wanita khususnya saya , saya hobi belanja pernak-pernik lucu2, baju2 lucu2, sepatu lucu2, tas lucu2 (kok banyak 😀 ) tapi yang pasti kadang belanja atau cuma window shoping bisa menaikkan mood kita dan ngilangin stress..

5. travelling ke tempat yang menyenangkan

travelling atau jalan2 buat ngerefresh otak juga bisa ngilangin stress, mau ke pantai, ke gunung, ke tempat yg adem, pokoknya rileks dehh, asal jangan ke pasar aja (tambah stress lantaran banyak orang disitu) ..pokoknya pergi ke tempat yang bisa nenangin hati lu, di mana lu bisa nyantei dan bernafas sejenak dari ke-setresan

6. ngumpul ama sohib

ketawa-ketawa hang out ama sohib bisa nenangin diri kita dan sejenak melupakan kesetresan, asal ngumpul ama temennya yang bisa bikin lu ketawa, bukan yang bisanya cuma bikin lu bete 😀

7. ngedate sama ayang tersayang atau gebetan

bermanja-manja ama pacar, ngobrol, curhat, sayang2an , itu bisa ngilangin stress, untungnya pacarku ini selalu ngerti kalo cewe nya lagi ga mood, jadi dia bisa bikin ketawa :), tapi buat yang belum punya pacar, iseng2 ajak gebetan jalan juga oke tuuh, atau kalo engga ngeceng2 di mall sambil ngupi2 asiik juga tuh, kali aja ada yang nyangkut, kan lumayan stress ilang , pacar baru datang..

8. berolah raga atau meditasi

nah, dengan olah raga otomatis peredaran darah kita akan dilancarkan dan membuat efek tubuh kita jauh lebih bugar, soo kita akan lupa ama yang namanya stress..kalo males olah raga cukup dengan meditasi, di kamar sendiri juga bisa, tutup pintu kamar dengan raapat (kalo perlu dikunci biar ga ada yang ganggu), matiin lampu, nyalain lilin (kalo ada lilin aromateraphi itu bagus banget), terus nyalain lagu slow (kalau suka), duduk yang nyaman, silangkan kaki dengan punggung yang tegak, kemudian pejamkan mata dan rileks !!!

9. maen ama binatang peliharaan kesayangan

kalo kamu bisanya mentelantarkan kucing atau anjing gara2 streess, coba deh  maen sama mreka2 ini, mandiin mereka atau sekedar ngajakiin mereka bercanda.

10. tersenyum tertawa and make it easy

hidup itu harus dinikmati setiap inchinya, selalu bersyukur dengan apa yang kita dapat dan jalani. selalu berpikir positif dan pandang hidup lebih dari dua sisi, jangan hanya melihat hidup dari bawah atau dari atas saja, tapi kudu dua2nya. take it easy, sesuatu akan berjalan lancar kalo kita selalu take it easy, tapi bukan berarti menggampangkan sesuatu, tapi membuat sesuatu yang terlihat sulit menjadi lebih mudah.

hidup itu akan terlihat indah jika kita menghargai nya.

warm regards,

gitagemintang

Read Full Post »

“terinspirasi dari blognya queen alea niyh”…

bagi aku, pernikahan itu adalah sesuatu yang amat saNgat sakral, istimewa, dan indah.. dimana pernikahan itu adalah menyatukan dua hati, dua jiwa, dua jasad yang jelas2 sangat berbeda dalam suatu ikatan janji suci.. hemm…

so dalam memilih pasangan hidup pun aku ga mau main2..karena aku berharap pernikahan itu hanya sekali dalam hidup aku.. dan Insyaallah aku akan menjaga pernikahan itu sampai kapan pun, sampai akhir hayat menjemput ( haiyaaah berat sekali tampaknya topik di blogku kali ini ya)…

hehehe…dan Insyaallah aku segera menikah dengan lelaki pilihan aku dalam waktu yang tepat..wuih ga sabar rasanya aku menanti hari indah itu 🙂 …

sasuatu yang indah luar biasa di pernikahan itu bukan hanya terpatok pada physicly saja (you know that sex), tapi gimana cara kita memandang sesuatu dari dua pemikiran yang jauh berbeda, gimana kita mencurahkan kasih sayang, gimana kita dituntut untuk saling mengerti dan bertanggung jawab, karna ya itu tadi pernikahan itu bukan sejam, sehari , sebulan tapi untuk seumur hidup..dan menurut aku itu adalah suatu keindahan.. saat kita ditempa suatu masalah dan harus menyelesaikannya dengan kepala dingin, saat kita harus berbagi sesuatu saat butuh rasa saling memahami di atas segalanya..

aku sangat sangat sedih saat ngeliat infotaiment di tivi,banyak banget artis2 kita yang nikah-terus cerai dengan gampangnya…sepertinya pernikahan itu hanya sebuah permainan hati biasa 😦 .. ada aja sebab dari perceraian itu yang ga logic menurut aku yaitu : “udah ga cocok lagi” , ko gampang ya ??  kalo ga cocok ngapain kawiiin ? secara gitu kalo udah berani nikah berarti yaaa pasti udah ada rasa kecocokan , meskipun ga 100 % cocok.. terkecuali nih, kalo si suami atau istrinya syco..kaya suka mukul begitu, heu….itu sih beda lagi…

dan aku ga pengen kejadian itu terjadi pada aku, aku ingin pernikahan aku dengan dia berjalan dengan lancar, kalaupun ada masalah itu hanya batu sandungan kecil dimana kita bisa selesaikan dengan bijaksana 🙂

ooh, iya btw nih sepupu aku ada yang nikah seminggu lagi, doakan mereka biar menjadi pasangan yang setia, yang saling menyayangi ya…

aminn

warm regards,

gita gemintang

Read Full Post »